Tutorial Membuat Efek Halftone dengan CorelDraw X7 [Dot Effect]

Zona Tutorial - Kembali lagi dengan tutorial CorelDraw kali ini saya akan membagikan tutorial membuat efek halftone menggunakan CorelDraw X7, dari bermacam efek dalam desain grafis efek halftone ini juga banyak digunakan baik dalam desain poster, hingga desain sablon. CorelDraw sendiri merupakan aplikasi berbasis vector yang popular digunakan selain Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator karena kemudahanya dalam mendesain suatu pola, termasuk saya sendiri yang sering menggunakan corel untuk berbagai kebutuhan.

Apa sih Halftone Itu ?

Halftone merupakan efek dari kumpulan bulatan kecil (Dot Effect) yang tersusun saling berdekatan menjadi suatu kesatuan dari yang berukuran besar hingga mengecil sehingga menimbulkan ilusi transparent. Halftone ini umumnya berbentuk elips dan juga gradient sengan susunan bulatan kecil.

Belajar desain di jaman sekarang ini juga termasuk penting dan menjadi suatu kebutuhan tidak harus dari mereka yang mengambil jurusan multimedia, desain grafis yang harus mempelajari ilmu ini. tak heran jika ada berbagai jurusan yang memasukan materi desain seperti teman saya yang mengambil jurusan pendidikan teknologi, biologi, maupun kesehatan masyarakat yang biasanya meminta tolong untuk dibuatkan poster, banner, mmt dan lain sebagainya guna menunjang kegiatan akademis mereka. Mari langsung saja simak tutorial membuat efek halftone [dot effect] berikut ini:

Tutorial Membuat Efek Halftone dengan CorelDraw X7 (Dot Effect)
Halftone Effect - Zona Tutorial

Tutorial Membuat Efek Halftone Pada CorelDraw X7 [Dot Effect]:

Langkah 1
Buat dua objek berupa lingkaran menggunakan Ellipse Tool masing masing ukuran besar dan kecil, lalu buat garis bebas yang sama ukuran, saya menggunakan 2-Point Line Tool kemudian gandakan CTRL+D Sehingga menjadi seperti pada gambar ini.

Tutorial Membuat Efek Halftone dengan CorelDraw X7 (Dot Effect)

Langkah 2
Kemudian pilih Blend Tool pada menu sisi sebelah kiri. Arahkan mouse ke masing-masing lingkaran dengan cara klik tahan dan lepaskan pada lingkaran dibawahnya. Kemudian atur jumlahnya seperti pada contoh ini saya buat 20. Lalukan hal serupa pada bulatan disebelahnya.

Tutorial Membuat Efek Halftone dengan CorelDraw X7 (Dot Effect)

Langkah 3
Setelah itu seleksi lingkaran kecil kemudian klik Path Properties pada tools sebelah atas dan arahkan kursor mouse ke Garis, maka bulatan akan menyatu dengan garis tersebut. Lakukan hal serupa pada bulatan yang besar - seleksi - path properties.

Tutorial Membuat Efek Halftone dengan CorelDraw X7 (Dot Effect)

Langkah 4
Jika sudah langkah selanjutnya adalah menghilangkan garis yang menyatu pada bulatan dengan cara seleksi masing-masing garis kemudian CTRL+K agar objek terpisah menjadi masing-masing bagian kemudian zoom pada garis klik garis dan delete. Maka garis akan hilang. Lakukan hal serupa pada objek yang satunya. Setelah itu gabungkan kembali masing-masing garis dengan CTRL+G.

Tutorial Membuat Efek Halftone dengan CorelDraw X7 (Dot Effect)

Langkah 5
Selanjutnya lakukan seperti langkah 2 pada dua garis bulatan tersebut klik Blend tool – klik drag ke garis satunya. Dan atur jumlahnya, pada contoh saya menggunakan 9 buah baris. Semakin jauh jarak antara 2 garis maka akan semakin banyak jumlah yang digunakan untuk mengisi space tersebut.

Tutorial Membuat Efek Halftone dengan CorelDraw X7 (Dot Effect)


Selesai, jangan lupa seleksi semua pola lalu joinkan CTRL+G agar tidak saling terpisah maka sobat bisa kreasikan maupun gandakan dengan pola-pola yang lainya. Anda juga bisa mengembangkan dengan menggabungkan objek grafis yang lain atau dengan ide-ide yang sobat miliki sehingga menjadi suatu desain seperti gambar di awal artikel ini.

Gimana mudan apa ribet sob, lalukan dengan teliti pada setiap langkahnya jangan sampai ada yang terlewati. Sekian tutorial kali ini tentang tutorial membuat efek halftone menggunakan CorelDraw X7 sobat bisa menggunakan versi corel berapapun tanpa terpaku dengan versi X7. Share apabila membantu, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tutorial Membuat Efek Halftone dengan CorelDraw X7 [Dot Effect]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close