Cara Screen Recorder (PC/Laptop) dengan Wondersare Filmora

Zona Tutorial - kembali lagi dengan ulasan seputar software. Aktifitas dengan cara merekam layar monitor atau screen recording sudah menjadi suatu kebutuhan dan hal yang biasa dilakukan ketika akan hendak membuat tutorial, dokumentasi maupun kutipan video untuk pembelajaran dan lain sebagainya.

Screen Recording pun dapat dilakukan di hampir semua device baik computer desktop PC, laptop tablet, dan juga smartphone baik android dan iOS, namun kali ini saya akan membagikan cara untuk melakukan aktivitas screen recording yang dapat dilakukan pada computer PC dan laptop. Aplikasi untuk melakukan perekaman pada layar pun beragam ditawarkan untuk menunjang para penggiat iT dan akademik dalam melakukan aktivitas record. Namun kali ini saya akan membagikan cara untuk melakukan perekaman layar (Screen Recording) dengan menggunakan wondershare Filmora.

Apa Wondershare Filmora itu ? 

Wondershare Filmora atau biasa disebut Filmora merupakan aplikasi video editor (Beginner) yang mudah digunakan dan cukup lengkap tersedia banyak efek transitions, filter, element dan efek lainya yang di tawarkan (Effek lain dapat di unduh secara streaming online). Loh kok malah video editor nggak nyambung bos !!! Tenang sob karena dalam aplikasi bawaan dari filmora ini tersedia fitur Record PC Screen. Jadi aplikasi ini disamping dapat digunakan sebagai editing video juga dapat digunakan sebagai record screen pada aktifitas yang sedang dilakukan.

Dengan demikian aplikasi ini dapat menjadi nilai tambah tersendiri karena telah tersemat aplikasi perekam layar sehingga user dapat langsung mengedit video hasil record screen tanpa perlu lagi menginstall aplikasi screen recording tambahan. Untuk lebih jelasnya liat penjelasan berikut.

Aplikasi Screen Recorder Monitor (PC/Laptop) Wondershare Fimora

Langkah Pertama
Tentunya anda telah menginstal aplikasi Filmora, jika belum silahkan cari dan download di google tersedia banyak refrensi. Oh ya aplikasi ini berbayar ya sob, anda dapat membeli melalui situs web resminya atau dengan cara alternatif yang tidak perlu saya jelaskan. Jika sudah terinstall silahkan buka aplikasi - Full Feature Mode.

Cara Screen Recorder (PC/Laptop) dengan Wondersare Filmora

Langakah Kedua
Selanjutnya arahkan pointer, klik pada menu File - Record Media - Record PC Screen. Tersedia 3 fitur Record From Webcam, Record PC Screen dan Record a Voiceover. Pilih sesuai dengan kebutuhan sobat.

Cara Screen Recorder (PC/Laptop) dengan Wondersare Filmora

Langkah Ketiga
Kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah, sobat dapat atur sendiri sesuai kebutuhan mulai dari ukuran screen yang di record, on/off microphone dan speaker, quality video dan FPS hasil rekaman. Klik REC bulatan merah untuk memulai rekaman.

Cara Screen Recorder (PC/Laptop) dengan Wondersare Filmora

Langkah Keempat
Saat REC ditekan akan ada hitungan mundur sebelum record dimulai, dan setelah selesai sobat dapat mengakhiri rekaman (Stop) dengan cara tekan F9 pada keyboard, dan otomatis rekama video akan tersimpan pada directori (Save To) yang dituju seperti gambar langkah 3. Juga akan muncul pada ruang kerja filmora sehingga sobat dapat langsung mengedit screen recorder tersebut.

Cara Screen Recorder (PC/Laptop) dengan Wondersare Filmora

Bagi sobat yang telah terbiasa menggunakan aplikasi filmora ini sebagai edit video pastinya telah mengetahui fitur tersebut. Tetapi bagi sobat yang belum pernah utak atik video dan ingin memulai membuat rekaman layar plus dapat langsung di edit aplikasi Wondershare Filmora ini merupakan salah satu refrensi yang dapat anda gunakan.

Pastikan FPS tidak di set ke level paling tinggi bila spesifikasi computer sobat tidak memadai karena berakibat lemot/delay pada saat aktivitas record berlangsung. Demikian sedikit tutorial mengenai cara untuk melakukan screen recorder pada layar monitor PC/Laptop dengan filmora selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Screen Recorder (PC/Laptop) dengan Wondersare Filmora"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close