Cara Recovery Data dengan Wondershare Data Recovery

ZOTUTORIAL.com - Hai sobat tutorial kembali lagi dengan ulasan seputar Software. Pernahkah sobat ingin mengembalikan kembali data yang telah dihapus atau tidak sengaja terhapus, tentu saja hal ini membuat kita pusing bukan apalagi terdapat beberapa data yang sangat penting didalamnya, mungkin bila data masih di Recycle Bin masih dapat kita Restore kembali dengan mudah, namun bagaimana jadinya bila data telah di hapus permanen dari system windows kita ? tentu saja akan menjadi pertanyaan untuk sobat yang kebingungan mengenai hal ini.

Pernahkah terlintas pertanyaan di benak pikiran sobat mengapa proses Delete suatu file memerlukan waktu yang cepat dari pada saat kita mengisi file pada sebuah hardisk. Ketika kita telah menghapus suatu data permanent pun sebenarnya tidak sepenuhnya benar-benar hilang, ini karena saat kita mendelete suatu file, system akan menandai file yang dihapus sebagai ruang yang bebas dan cepat pada sector hardisk. 

Padahal data kita masih ada di sector tersebut, itu sebabnya mengapa jika kita mendelete suatu file misalnya 100Gb terasa sangat cepat. Dibanding pada saat hardisk mengisi data atau mengisi sector yang dianggap bebas tersebut dengan data 100Gb, karena data lama yang dianggap hilang tersebut akan ditimpa data yang baru sehingga proses tulis pada hardisk akan menjadi lebih lama.

Data Apa Saja Yang Dapat Dipuihkan ?

Semua jenis format file tentu saja bisa dipulahkan kembali atau kita bisa memilih jenis file tertentu yang akan di recovery, dan sebenarnya bukan hanya data di hardisk internal, laptop maupun PC untuk dipulihkan adakalanya kita juga ingin mengembalikan data di flashdisk atau hardisk eksternal kita.

Sesuai judul yang admin tulis diatas, artikel kali ini saya akan bagikan cara untuk mengatasi permasalahan pemulihan data dengan software dari pihak ketiga yang bernama Wondershare Data Recovery. Mari langsung saja simak tutorial berikut ini.


Tutorial Memulihkan Data yang Dihapus dengan Wondershare Data Recovery


Langkah Pertama
Yang perlu Anda siapkan adalah Software Wondershare Data Recovery dapat sobat download dari situs resminya Disini. Setelah itu sobat instal seperti biasa, NOTE : Aplikasi ini berbayar namun (FREE TRIAL) Anda dapat mencoba gratis dengan batasan waktu.

Langkah Kedua
Setelah di instal dan aktivasi maka tampilan akan seperti ini, untuk cara penggunaanya sendiri cukup mudah. Sobat dapat memilih jenis Format data apa yang akan dipulihkan, misalnya Document, Video atau Audio, Others, Email saya akan mencontohkan untuk memulihkan File Foto saya dengan cara memberi centang pada kotak Foto.

Cara Recovery Data dengan Wondershare Data Recovery

Langkah Ketiga
Kemudian klik Next - Selanjutnya pilih Partisi Hardisk atau device yang akan dipulihkan. Misalkan saya ingin memulihkan seluruh FOTO di Hardisk (I:) pada Hardisk Eksternal saya. Lalu klik Start.

Cara Recovery Data dengan Wondershare Data Recovery

Langkah Keempat
Tunggu hingga proses selesai, semakin banyak data semakin lama pula. Apabila telah selesai maka akan menampilkan seluruh FOTO (Dalam Berbagai Format) yang telah dihapus. Sobat dapat memilih kembali foto apa yang akan di pulihkan dengan memberi centang pada Jenis Format foto. Misalkan saya hanya ingin memulihkan semua format GIF - lalu Klik Recover - Pilih Directori Tempat penympanan.

Cara Recovery Data dengan Wondershare Data Recovery

*Tampilan aplikasi mungkin akan berbeda di versi yang terbaru.

Selesai dan data Anda akan di pulihkan kembali. Sobat juga dapat melihat kwalitas/status file yang akan di recovery apakah “GOOD” atau “POOR” terkadang file kita berhasil dipulihkan tetapi tidak dapat dibuka atau muncul pesan error yang berarti kemungkinan data Anda telah Corrupt. Anda juga dapat menggunakan mode DEEP SCAN untuk menelusuri file lebih dalam.


Perlu Anda Ketahui!


Sebenarnya kegiatan ini juga menjadi masalah & dilema manakala Anda tidak hati-hati dalam menjual kembali laptop, pc atau hardisk eksternal milik pribadi dengan hanya menghapus data Anda atau mengosongkan recycle bin sekalipun. Sebab apabila jatuh kepada seseorang yang tidak bertanggung jawab, iseng atau paham mengenai hal ini maka dapat dengan mudahnya memulihkan kembali seluruh data-data yang telah dihapus tersebut.

Lalu apakah ada solusi cara untuk membuat data benar-benar sepenuhnya hilang dan tidak dapat
dipulihkan kembali ? tentu saja ada, dan akan saya bahas pada artikel dilain waktu. Sekian tutorial kali semoga dapat membantu dan bermanfaat, selamat mencoba.


Apakah Bisa Memulihkan Data di Android dan SSD?


Apabila ada pertanyaan apakah kegiatan ini juga dapat digunakan untuk memulihkan data pada Device Android dan Hardisk SSD ? Admin belum pernah mencoba jadi tidak tahu persisnya apakah bisa, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu atau jika Anda pernah mencoba dapat tuliskan di kolom komentar.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Recovery Data dengan Wondershare Data Recovery"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close