Cara Convert Video ke Audio (MP3) dengan VLC Media Player

Zona Tutorial - Kembali lagi dengan seputar tips dan trik computer. Apakah sobat ingin mengubah format file suatu video untuk dirubah (convert) menjadi audio (mp3). Bila demikian silahkan simak tutorial berikut ini.

Apasih Fungsi Convert ?

Convert adalah suatu tindakan untuk mengubah bentuk (konversi) suatu format menjadi format lain jenis dengan atau tanpa mengurangi isi konten dalam format tersebut, dalam hal ini adalah format dari sebuah file media, seperti mp4, mkv, mpeg, avi, 3gp, mp3, m4a dan lain sebagainya. Sedangkan converter adalah program/tool/aplikasi yang digunakan untuk melakukan konversi (converting).

Mengapa Menggunakan VLC Media Player ?

VLC Media Player merupakan aplikasi media player yang biasanya digunakan untuk menonton film atau video rekaman, disamping itu ternyata juga dapat digunakan sebagai media alternative untuk kegiatan convert aplikasi. Sehingga kita tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk meng convert suatu format media misalkan dari MKV menjadi MP3, cara ini bisa dibilang simple dan praktis. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak tutorial berikut ini.

Tutorial Convert Video (all Format) menjadi Audio (mp3) menggunakan VLC Media Player

Langkah Pertama
Pastikan anda sudah memiliki software VLC media player, bila belum memiliki silahkan sobat download yang tersedia banyak refrensi di google. Software ini Gratis!!! Sehingga sobat tidak perlu susah payah membeli atau mencari serial key.

Cara Convert Video ke Audio (MP3) dengan VLC Media Player

Langkah Kedua
Pada menu bar klik Media selanjutnya pilih Convert/Save (Ctrl+R), maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini, selanjutnya pada file klik Add untuk mencari video yang akan di convert menjadi MP3. Jika sudah klik Convert / Save.

Cara Convert Video ke Audio (MP3) dengan VLC Media Player

Langkah Ketiga
Setelah itu akan dialihkan ke pengaturan selanjutnya, pilih format Audio-MP3 pada pilihan profile. Kemudian klik browse dan beri nama pada destination file atur juga directory untuk hasil output convert - klik Start tunggu hingga proses selesai.

Cara Convert Video ke Audio (MP3) dengan VLC Media Player

Baca Juga : Convert Video MKV ke MP4 Offline dan Online Gratis!

Mudah bukan, mungkin dari pembaca sekalian ada yang sudah mengetahui cara ini, tetapi juga masih banyak juga para pengguna yang belum mengetahui fitur tersemat ini dalam VLC Media Player. Fitur ini tidak hanya dapat mengubah dari video ke audio saja tetapi juga dapat mengubah ke format video lain seperti Webm, MP4, TS.

Bila sobat menginginkan untuk menggunakan media converter dengan pengaturan dan fitur yang lengkap cara diatas bukan solusinya, cara convert dengan menggunakan VLC Media player ini hanya sebagai solusi cepat bila sobat telah memiliki media player dan urgent ingin mengkonversi media kedalam format lain.

Demikian sedikit informasi serta tutorial kali ini tentang cara convert video ke audio dengan menggunakan VLC media player, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Convert Video ke Audio (MP3) dengan VLC Media Player"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close